Senin, 05 Desember 2022

Sekolah Impian Saya

 Sekolah Impian Saya

 

Sekolah impian saya memiliki suasana pembelajaran berpihak kepada murid, guru melakukan among/menuntun murid sesuai kodratnya menuju Profil Pelajar Pancasila. Siswa di sekolah saling menghargai dan menghormati guru, mereka bergotong royong dalam semua hal. Kolaborasi di semua pihak di sekolah mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mewujudkan sekolah impian saya tersebut perlu adanya budaya positif di sekolah; seperti saling kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Contoh kecil adalah saat sekolah mengadakan pentas seni dalam rangka Dies Natalis, semua pihak mulai dari pimpinan di sekolah, staf, komite, guru, dan siswa semua ikut serta berpartisipasi untuk mensukseskan acara tersebut.

Budaya untuk tertib mengikuti pembelajarn dikelas contohnya terkadang ada siswa yang keluar dari kelas minat ijin untuk ke toilet namun kenyataanya mereka ke kantin untuk makan. Ini merupakan contoh ketidak disiplinan saat pembelajaran di kelas. Tentu saja pembelajaran terjeda karena guru melayani siswa yang tidak disiplin tersebut. Hal seperti ini seharusnya dihindari agar semua siswa mendapatkan pengajaran yang sama dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Dengan ditegakkannya disiplin di sekolah, maka semua murid dapat belajar dengan rasa tenang, tanpa tekanan, dan nyaman.

Standar Nasional Pendidikan: Lingkungan yang positif sangat diperlukan agar pembelajaran yang terjadi adalah pembelajaran yang berpihak pada murid sebagaimana tertuang dalam standar proses pada Standar Nasional Pendidikan Pasal 12 yaitu:

1) Pelaksanaan pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (2) huruf b diselenggarakan dalam suasana belajar yang:

a. interaktif;

b. inspiratif;

c. menyenangkan;

d. menantang;

e. memotivasi Peserta Didik untuk berpartisipasi aktif; dan

f. memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis Peserta Didik.


Harapan saya sebagai seorang guru dan pemimpin pembelajaran adalah saya dapat benar-benar menjadi contoh bagi siswa saya dan dapat menumbuhkan budaya disiplin positif di lingkungan belajar saya. Saya akan memberikan kebiasaan-kebiasaan positif bagi siswa saya dengan menyapa dan mengucapkan salam saat bertemu, berbicara sopan, mengikuti pembelajaran dengan tertib dan tenang, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk hal positif, menghargai pendapat orang lain, menumbuhkan budaya semangat belajar dan berkolaborasi.

Harapan saya terhadap murid-murid saya adalah saya ingin melihat murid saya dapat belajar dalam suasana nyaman, aman dan tenang, dimana mereka belajar di lingkungan sekolah yang mengembangkan bakat dan minat mereka, mendapatkan ruang interaktif dan dimana pendapat mereka diterima sebagai masukan positif sesuai perkembangan zaman dan psikologi mereka. Dalam suasana belajar yang menyenangkan, siswa akan tumbuh daya kreatifitasnya dan menjadi manusia yang merdeka, memiliki disiplin positif dan berkembang sesuai bakat dan minatnya, berguna bagi nusa bangsa dan masyarakatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar