Senin, 05 Desember 2022

Koneksi Antar Materi Modul 3 (Visi Guru Penggerak)

 

Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah

PDF

VIDEO

 Seorang Pendidik haruslah menjadi contoh/teladan bagi anak didiknya sesuai dengan filosofi KHD yaitu pendidikan yang bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak mengikuti kodat alam dan kodrat zaman.

Agar pendidik dapat memberi pendidikan yang menuntun maka seorang pendidik harus memahami sepenuh hati dimensi-dimensi yang terdapat pada Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila tersebut dapat terwujud jika seorang guru memiliki visi untuk menciptakan perubahan kearah yang lebih baik di lingkungan sekolahnya.




Filosofi Ki Hajar Dewantara

Tujuan Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat 

Nilai Guru Penggerak

  • 1.    Berpihak kepad murid
  • 2.    Mandiri
  • 3.    Kreatif
  • 4.    Kolaboratif
  • 5.    Reflektisi

Sedangkan Peran Guru Penggerak adalah:

  • 1.   Memimpin pembelajaran
  • 2.    Menjadi coach bagi guru lain
  • 3.    Mendorong kolaborasi
  • 4.    Mewujudkan kepemimpinan murid
  • 5.    Menggerakkan komunitas praktisi

 

Kepemimpinan murid(student agency) dapat didefinisikan secara luas dengan perspektif yang berbeda, antara lain:

  • 1.       Saat murid merasa berdaya, mampu mengambil kontrol/mengatur diri sendiri terhadap proes belajar mereka sendiri
  • 2.       Saat murid merasa mampu membuat perubahan baik untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya
  • 3.       Saat murod merasa bahwa proses belajar yang mereka alami adalah milik meeka sendiri sehingga mereka bertanggung jawab terhadap proses belajarnya
  • 4.       Saat murid berperan aktif untuk memutuskan apa yang akan mereka pelajari dan bagaimana mereka akan belajar

 

Pendekatan Inquiri Apresiatif (IA)

Adalah sebuah paradigma sekaligus model manajemen perubahan yang memegang prinsip psikologi positif dan pendidikan yang positif dan pendekatan berbasis kekuatan

 

Kaitan

Guru penggerak menyusun visinya menggunakan pendekatan Inquiri Apresiatif berdasarkan pada filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu berpihak pada murid. Dalam melaksanakan visinya, seorang guru penggerak harus memaksimalkan peran dan nilainya agar tercapai tujuan pendidikan dan profil Pelajar Pancasila

 Visi Guru Penggerak

Murid impian saya adalah murid yang berkarakter, berbudi luhur, hormat kepada guru dan pada akhirnya menjadi manusia berguna bagi nusa dan bangsa.

 



Visi Guru Penggerak

KELOMPOK RUANG KOLABORASI

Terwujudnya siswa yang berimtaq, sehat jasmani dan rohani, beriptek, berkarakter, dan berbudaya.

 

VISI YANG DIPILIH

UNTUK DIANALISIS DALAM TAHAPAN BAGJA

MENUMBUHKAN BUDAYA DISIPLIN DALAM BELAJAR


TAHAPAN BAGJA

  1. BUAT PERTANYAAN
  2. AMBIL PELAJARAN
  3. GALI MIMPI
  4. JABARKAN RENCANA
  5. ATUR EKSEKUSI











Tidak ada komentar:

Posting Komentar