Rabu, 07 Desember 2022

Jurnal Dwi Mingguan 7 Desember 2022

Jurnal Dwi Mingguan CGP 7

MODEL 2 (DEAL)

 Rabu, 7 Desember 2022

PDF

TRIK UNTUK YANG SUKA MEMBOLOS DI JAM PELAJARAN



 

Description:

 

Akhir-akhir ini siswa saya sering ijin dari kelas saat pembelajaran berlangsung. Ijinnya ke toilet, tetapi rame-rame ada 10 siswa. Ada guru lain yang melihat mereka ke kantin dan sarapan.

 

Examination:

Menurut saya, ini adalah gejala penurunan disiplin belajar siswa. Siswa menjadi tidak disiplin saat belajar di kelas dan meninggalkan kelas untuk makan di kantin. Selama ini saya sudah membuat mereka sibuk dengan banyak tugas, namun Bahasa Inggris adalah pelajaran mudah bagi sedikit siswa sehingga mereka menyelesaikan tugas (exercises) dalam waktu singkat sehingga mereka mempunyai waktu luang ebih untuk mengerjakan yang lain. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit bagi banyak siswa, sehingga mereka membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan tugas. Ini menjadi ketimpangan yang menyebabkan murid menjadi tidak disiplin belajar.

 

Articulation of Learning:

 

Rencana saya saya akan membangkitkan kembali disiplin belajar mereka.Hal-hal yang akan saya lakukan adalah membentuk kelompok belajar dan meminta siswa saya untuk melakukan presentasi kelompok di depan kelas. Saya yakin ini akan membuat mereka cukup sibuk sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk keluar kelas saat pelajaran berlangsung.

Di lain waktu saya akan mengadakan tes lisan dengan menanyai anak satu per satu. Ini akan membuat mereka hafal dengan materi pelajaran dan saya juga bisa mengecek pemahaman mereka.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar